Kamis, 08 November 2012

MATEMATIKA DENGAN MICROSOFT MATHEMATICS


2 November 2012
Berikut adalah penampakan awalnya.. 
 
Statistik menggunakan microsoft mathematics.
Pertama-tama klik statistics pada kalkulator microsoft. Kita akan mencari mean (rata-rata) pada sebuah data. Klik mean pada kalkulator, lalu klik insert data set. Masukkan data data misalkan saya menggunakan data sebagai berikut. 34, 45, 57, 45, 76, 98, 67, 89, 43, 10000. Lalu klik OK. 

Setelah datanya terinput, tekan enter maka akan didapat hasilnya..
  

Selanjutnya kita akan mencari median (nilai tengah) pada sebuah data. Klik median pada kalkulator, jika ingin lebih mudah copy data sebelumnya. Setelah terinput, klik enter, maka akan didapat hasilnya.

Berikutnya kita akan mencari nilai modus (nilai yang sering muncul). Sama dengan cara mencari median, klik mode pada kalkulator microsoft, lalu copy data sebelumnya. Setelah terinput, klik enter maka akan terlihat hasilnya.


 
Yang terakhir mencari nilai max dan min. Sama seperti mencari nilai modus. Klik max pada kalkulator microsof, copy data yang sebelumnya, lalu klik enter. Begitu juga caranya untuk mencari nilai min. Klik min pada kalkulator microsoft, copy data sebelumnya, lalu klik enter. Maka akan terlihat hasilnya. Seperti penampakan yang berikut ini.


 
Cara meng-copy data dengan mengklik data di atas klik kanan pada mouse lalu pilih copy to input. Jangn lupa hapus yang tidak perlu.
Kalkulus menggunakan microsoft mathematics.
Langkah awalnya klik pada kalkulator bagian calculus.
Ketik persamaan integral yang aka di cari. Pindah dari Worksheet ke Graphing. Pilih Equations & Functions. Pilih 3D dan cartesian. Masukkan data persamaan integral tadi 


 

 
Jika sudah klik Graph. Maka akan terlihat gambar 3D
Selanjutnya kita buat parabola terbuka ke kanan. Masih sama seperti pesamaan integral tadi, pilih Equations & Functions. Pilih 2D dan cartesian. Masukkan data persamaan persamaan parabola terbuka ke kanan, maka seperti ini penampakannya. 

 Kita buat juga parabola terbuka ke kiri, masukkan persamaannya. Berikut penampakannya


Trigonometri menggunakan microsoft mathematics.
Kembali lagi ke Worksheet . Pilih Trigonometry. Masukkan data yang diinginkan.

 
Selanjutnya kita ingin metahui bentuk grafik trigonometri. Masih sama seperti pesamaan integral tadi, pilih Equations & Functions. Pilih 2D dan ganti cartesian menjadi polar. Masukkan data trigonometri, maka seperti ini penampakannya. 


Di kalkulus peubah banyak kita pelajari kardioid, berikut cara menggambar kardioid . berikut penampakannya

Sekian .. MATEMATIKA DENGAN MICROSOFT MATHEMATICS
^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar