Minggu, 09 Desember 2012

Persamaan Kuadrat dengan menggunakan Geogebra


7  Desember 2012
Pertama-tama kita akan mengawalinya dengan mengetahui grafik persamaan kuadrat. Masukkan persamaan kuadrat yang kita inginkan ke input bar. 
 
Disini saya menggunakan contoh x^2 – 4x + 4 lalu tekan enter, maka akan terbentuk gambar dari persamaan tersebut.
 
Kali ini kita akan menggunakan fungsi dari tool slider atau dalam bahasa Indonesia adalah luncuran. Pilih tool slider pada tools bar. Berikut penampakannya.
 
Setelah kita pilih tool slider, klik sembarang tempat pada tempat grafik maka akan muncul jendela slider. Disini saya gunakan nilai min = -5 dan nilai max = 5, serta increment atau dalam bahasa Indonesia nya adalah kenaikan = 1 dengan nama “a”. Lalu klik apply.
 
Maka nanti akan muncul slider a. Seperti berikut ini penampakannya
 
Klik lagi di sembarang tempat, lakukan juga hal yang sama beri nama slider yang kedua dengan “b”.
 
Klik apply maka akan muncul slider b .
 
Klik lagi di sembarang tempat, lakukan juga hal yang sama beri nama slider yang ketiga dengan “c”.
 
Klik apply maka akan muncul slider c .
Sekarang kita masukkan persamaan kuadrat ke input bar. Ganti konstanta persamaan kuadrat dengan variabel a, b, dan c. Jangan lupa beri kurung pada setiap konstanta tersebut. Seperti berikut ini.
Tekan enter maka akan terbentuk grafik persamaan kuadrat yang semua konstantanya sama dengan 1, karena slider a, b, dan c dalam keadaan sama dengan 1.
Kemudian pilih tool move pada tool bar. 
Sekarang kita bisa menggeser slider-slider yang sudah kita buat tadi. Coba kita geser slider-slider tersebut bergantian… maka akan terlihat perubahan pada gambar grafiknya dan juga pada persamaannya. Lakukan seperti itu bergantian pada setia slider.
Dapat kita simpulkan.
Slider “a” = mempengaruhi lebar parabola, jika positif maka gambar menjadi parabola terbuka ke atas sedangkan jika negative maka gambar menjadi parabola terbuka ke bawah. Sedangkan jika a bernilai 0, maka gambar menjadi gambar persamaan garis lurus.

Slider “b” = mempengaruhi letak parabola, di kanan sumbu y atau di kiri sumbu y. Jika pada persamaan garis lurus, maka b mempengaruhi kemiringan pada garis.

Slider “c” = mempengaruhi letak puncak parabola jika gambar berbentuk parabola, jika pada persamaan garis lurus maka c mempengaruhi letak garis. 

Selanjutnya buka lembar baru klik file lalu new. Lakukan hal yang sama, buat slider a, b, dan c. Masukkan persamaan kuadrat ke input bar. Ganti konstanta persamaan kuadrat dengan variabel a, b, dan c. Jangan lupa beri kurung pada setiap konstanta tersebut. Seperti berikut ini. Kali ini kita akan membuat persamaan kuadrat yang variabelnya y.
 
Klik enter, maka akan terbentuk grafik persamaan kuadrat dengan vaiabel y. geser-geser slidernya, maka kita akan mengetahui fungsi dari setip slider seperti persamaan kuadrat yang sebelumnya.
 
 
SEKIAN ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar