Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Volum Benda Putar Berbasis Teknologi Dengan Strategi Konstruktivisme Student Active Learning Berbantuan CD Interaktif Kelas XII
M. S. Rudiyanto dan S. B. Waluya
Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang
sumber : klik di sini
Review Jurnal
Perkembangan
teknologi komunikasi dan informasi sekarang ini semakin pesat dan memasyarakat,
salah satunya komputer. Dalam bidang pendidikan, teknologi komputer dapat
dimanfaatkan untuk membuat media pembelajaran yang interaktif berupa
multimedia. Perkembangan teknologi komputer memungkinkan penayangan informasi
grafik, suara dan gambar, teks, sehingga memungkinkan dibuatnya media audio
visual yang interaktif. Adanya media pembelajaran berupa multimedia memungkinkan
proses pembelajaran yang variasi, dinamis, menyenangkan, dan berkualitas. Salah
satunya adalah Pembelajaran Interaktif .
Pembelajaran Interaktif merupakan
salah satu jenis teknologi komunikasi dan informasi yang digunakan untuk
mempermudah proses pembelajaran baik guru maupun siswa karena memuat berbagai media
yang berupa gambar, animasi, teks, dan suara. Sesuai dengan kerucut pengalaman
Dale (dalam Waluya, 2006), mengatakan bahwa memori kita 10 % membaca (teks),
20% mendengar (sound), 30% melihat (grafis/foto), 50 % melihat dan mendengar
(video/animasi) yang tercakup dalam multimedia, masih ditambah lagi 80 % berbicara
dan 80 % berbicara dan melakukan.
Model
pembelajaran yang digunakan berbantuan CD interaktif adalah Model pembelajaran
dengan Strategi Konstruktivisme Student
Active Learning (KSAL). Strategi Pembelajaran Konstruktivisme Student
Active Learning (KSAL) adalah suatu strategi mengajar yang menuntut
keaktifan dan partisipasi siswa seoptimal mungkin, sehingga mampu mengubah
tingkah laku siswa secara lebih efektif dan efisien dalam mempelajari suatu konsep,
membangun pengetahuan berdasarkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya. Model
KSAL berorientasi kepada siswa dengan penekanan pada keaktifan siswa dan
menempatkan guru sebagai fasilisator.
Kelebihan
menggunakan CD interaktif dalam pembelajaran matematika volum benda putar
dengan strategi konstruktivisme yang menekankan keaktifan siswa dalam proses
belajar disajikan animasi, gambar grafis, teks dan suara akan membangkitkan motivasi
siswa dalam mempelajari konsep volum benda putar. Pembelajaran volum benda
putar dengan bantuan CD interaktif, memungkinkan siswa dapat mengetahui
keberhasilan hasil belajarnya dengan mengerjakan tes akhir yang tersedia pada
CD pembelajaran serta siswa dapat memutar kembali penjelasan konsep volum benda
putar yang belum jelas dan belum dipahaminya.
Kekurangannya
adalah jika siswa tidak memiliki teknologi atau dalam hal ini computer untuk
menggunakan CD interaktif tersebut. Perlu juga di berikan petunjuk penggunaan
CD interaaktif dengan jelas.
Kesimpulan
Kemampuan
mengkonstruksi pengetahuan dalam belajar matematika bisa ditingkatkan dengan
memanfaatkan teknologi. Salah satunya model pembelajaran dengan Strategi
Konstruktivisme Student Active Learning berbantuan CD interaktif (KSAL). CD
interaktif dalam model KSAL ini dirancang agar siwa belajar mandiri. Materi
dalam CD terdiri dari materi volum benda putar, lembar kerja siswa, lembar
tugas siswa, permainan dan tes akhir dan disusun secara kontruktivism.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar