Rabu, 03 Oktober 2012

JURNAL

Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Volum Benda Putar Berbasis Teknologi Dengan Strategi Konstruktivisme Student Active Learning Berbantuan CD Interaktif Kelas XII

M. S. Rudiyanto dan S. B. Waluya
Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang

sumber : klik di sini



Review Jurnal
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi sekarang ini semakin pesat dan memasyarakat, salah satunya komputer. Dalam bidang pendidikan, teknologi komputer dapat dimanfaatkan untuk membuat media pembelajaran yang interaktif berupa multimedia. Perkembangan teknologi komputer memungkinkan penayangan informasi grafik, suara dan gambar, teks, sehingga memungkinkan dibuatnya media audio visual yang interaktif. Adanya media pembelajaran berupa multimedia memungkinkan proses pembelajaran yang variasi, dinamis, menyenangkan, dan berkualitas. Salah satunya adalah Pembelajaran Interaktif .
Pembelajaran Interaktif merupakan salah satu jenis teknologi komunikasi dan informasi yang digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran baik guru maupun siswa karena memuat berbagai media yang berupa gambar, animasi, teks, dan suara. Sesuai dengan kerucut pengalaman Dale (dalam Waluya, 2006), mengatakan bahwa memori kita 10 % membaca (teks), 20% mendengar (sound), 30% melihat (grafis/foto), 50 % melihat dan mendengar (video/animasi) yang tercakup dalam multimedia, masih ditambah lagi 80 % berbicara dan 80 % berbicara dan melakukan.
Model pembelajaran yang digunakan berbantuan CD interaktif adalah Model pembelajaran dengan Strategi Konstruktivisme  Student Active Learning (KSAL). Strategi Pembelajaran Konstruktivisme Student Active Learning (KSAL) adalah suatu strategi mengajar yang menuntut keaktifan dan partisipasi siswa seoptimal mungkin, sehingga mampu mengubah tingkah laku siswa secara lebih efektif dan efisien dalam mempelajari suatu konsep, membangun pengetahuan berdasarkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya. Model KSAL berorientasi kepada siswa dengan penekanan pada keaktifan siswa dan menempatkan guru sebagai fasilisator.

Kelebihan menggunakan CD interaktif dalam pembelajaran matematika volum benda putar dengan strategi konstruktivisme yang menekankan keaktifan siswa dalam proses belajar disajikan animasi, gambar grafis, teks dan suara akan membangkitkan motivasi siswa dalam mempelajari konsep volum benda putar. Pembelajaran volum benda putar dengan bantuan CD interaktif, memungkinkan siswa dapat mengetahui keberhasilan hasil belajarnya dengan mengerjakan tes akhir yang tersedia pada CD pembelajaran serta siswa dapat memutar kembali penjelasan konsep volum benda putar yang belum jelas dan belum dipahaminya. 

Kekurangannya adalah jika siswa tidak memiliki teknologi atau dalam hal ini computer untuk menggunakan CD interaktif tersebut. Perlu juga di berikan petunjuk penggunaan CD interaaktif dengan jelas.

Kesimpulan
Kemampuan mengkonstruksi pengetahuan dalam belajar matematika bisa ditingkatkan dengan memanfaatkan teknologi. Salah satunya model pembelajaran dengan Strategi Konstruktivisme Student Active Learning berbantuan CD interaktif (KSAL). CD interaktif dalam model KSAL ini dirancang agar siwa belajar mandiri. Materi dalam CD terdiri dari materi volum benda putar, lembar kerja siswa, lembar tugas siswa, permainan dan tes akhir dan disusun secara kontruktivism.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar